Siapa Orang yang Paling Merugi
Di upload oleh admin - 21 Apr 2022
853 views

Siapa Orang yang Paling Merugi

thumbnail

Apa Itu Riya?


 
 
Sahabat Penolong, apa yang kita kerjakan untuk mendapatkan nilai amal di sisi Allah diukur dengan ikhlas karena Allah dan sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah. Ibnu Katsir rahimahullah berkata: “Inilah dua landasan amal yang diterima, ikhlas karena Allah dan sesuai dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam”. Selain itu di dalam QS. Al Khafi: 103-104 dijelaskan, Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya”.
 
 
Perbuatan ini dikenal dengan istilah riya. Menurut istilah, Imam Al-Ghazali mendefinisikan Riya sebagai amal yang dilakukan untuk disaksikan orang lain agar mendapatkan kedudukan dan popularitas. Aktivitas Riya seperti ini dapat dilakukan dengan amal ibadah maupun non-ibadah. Secara sederhana apa yang kita lakukan kemudian dilihat oleh manusia lain dan dia merasa senang, namun jika tidak ada orang yang melihatnya orang tersebut akan merasa berat untuk melakukannya.
 
 
Sungguh merugi Orang yang sudah beramal namun tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari amalannya tersebut, maka ia orang yang merugi. Dan ada orang yang paling merugi lagi, yaitu orang yang tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari amalannya namun ia tidak menyadarinya. Semoga kita selalu dilindungi juga dijauhi dari perbuatan riya. Aamiin Yaa Rabb
 
 
Sumber:
Merdeka.com  
Muslim.or.id 
Almanhaj.or.id