Bandung Tekan Angka Pernikahan Dini
Di upload oleh admin - 25 Jan 2023
695 views

Bandung Tekan Angka Pernikahan Dini

thumbnail

Begini Upaya Pemkot Bandung Tangani Lonjakan Pernikahan Dini

Oleh: Khairunnisa Nailah R.

  • Permasalahan remaja saat ini sudah terbilang cukup mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? Pasalnya saat ini angka fenomena remaja yang usianya masih terbilang dini tetapi sudah mengajukan dispensasi nikah akibat hamil karena melakukan seksual pra-nikah yang harus di pertanggungjawabkan perbuatannya. Ohiya, perlu diketahui dulu sebelumnya bahwsannya pernikahan dini itu merupakan pernikahan yang dilakukan anak remaja yang masih bersekolah.

Pada umumnya hal ini bisa terjadi karena beberapa fakor, salah satunya  karena pergaulan yang salah, atau permasalahan yang terjadi di lingkungan keluarga nya karena abai terhadap  nilai agama yang tertanam dalam karakter anaknya. Selain itu, di era digital saat ini tidak dapat di pungkiri bahwsanya tingkat penggunaan sosial media yang sangat tinggi menjadi salah satu fokus tersendiri untuk lembaga pemerintah yang terkait dalam memberdayakan perempuan dan perlindungan pada anak.

Adapun respon yang di berikan Pemkot Bandung sebagai upaya dalam menyikapi kasus tingginya angka dispensasi nikah di Bandung ini dengan melakukan sosisaliasi yang lebih intens dan gencar ke sekolah-sekolah untuk membahas mengenai seksual pra-nikah dan pernikahan dini yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung.

Selain itu, Dinas Pendidikan (Disdik) tidak hanya memberikan penyuluhan terhadap para pelajar saja, tetapi memberikan penyuluhan juga terhadap para orang tua supaya dapat membimbing anak-anaknya supaya tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas.

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-136135707/angka-pelajar-nikah-dini-di-bandung-akibat-hamil-duluan-tinggi-yana-mulyana-ambil-langkah-pencegahan-ini 

https://depok.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-096148748/pernikahan-anak-di-indonesia-termasuk-tertinggi-di-dunia-memuncak-saat-pandemi

https://repjabar.republika.co.id/berita/roxkk7396/tekan-angka-perkawinan-anak-ridwan-kamil-butuh-edukasi-dua-arah

https://twitter.com/catchmeupid/status/1615913674425917442?s=46&t=RZUXDVjCa2XDzdCn2m32Dg