Kades Demo DPR Tuntut Masa Jabatan
Di upload oleh admin - 30 Jan 2023
656 views

Kades Demo DPR Tuntut Masa Jabatan

thumbnail

Kades Demo DPR Tuntut Perpanjang Masa Jabatan

Oleh : Hilmia Adha

Aksi demonstrasi ribuan kepala desa di depan gedung DPR MPR RI Senayan Jakarta. Dalam demo di DPR itu, para kades itu menuntut perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Demonstrasi diikuti lebih dari 30 ribu perangkat desa seluruh Indonesia. Perangkat desa meminta kejelasan status dan peningkatan kesejahteraan.

Kepala Desa se-Indonesia demo ke DPR menuntut perpanjangan masa jabatan dari 6 tahun menjadi 9 tahun. Kemendes PDTT mengamininya dengan masa jabatan lebih lama, 18 tahun atau 27 tahun.

Lewat unggahan media sosial banyak masyarakat yang memberikan respon terhadap berita-berita demo kepala desa, masyarakat berharap DPR dan Kemendagri tidak merealisasi aksi demo yg menuntuk masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun, karena dgn masa jabatan 9 tahun tidak efektif dan tidak ada visi misi dari pihak kades.

Potensi abuse of authority and power akan semakin meningkat sejalan dengan semakin lamanya masa jabatan, pada level jabatan apapun. Dan kemudian seiring dengan itu akan semakin menurun semangat pelayanannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

https://news.detik.com/berita/d-6533229/demo-sesaki-depan-dpr-ini-tuntutan-perangkat-desa-se-indonesia

https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/42762/t/Demo+Kades+di+DPR%2C+Said+Abdullah+Apresiasi+Tuntutan+Para+Pemimpin+Desa