Beda Otak Wanita & Pria No 2 Paling Beda
Di upload oleh admin - 11 May 2023
311 views

Beda Otak Wanita & Pria No 2 Paling Beda

thumbnail

Menurut John Gray, otak perempuan memiliki verbal center pada kedua bagian otaknya, sedangkan laki-laki hanya memiliki verbal center pada bagian otak kirinya saja. Sehingga perempuan lebih suka berdiskusi dan bercerita panjang lebar dibandingkan dengan laki-laki.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ragini Verma, otak perempuan lebih bisa mengaitkan memori dan keadaan sosial sehingga mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sementara otak laki-laki tidak memiliki koneksi yang baik tentang hal-hal yang melibatkan perasaan, emosi, atau curahan hati.

Ada 3 perbedaan kinerja otak  perempuan dibandingkan laki-laki, yaitu :

1.      Cara berkomunikasi

Cara berkomunikasi perempuan lebih banyak memberikan perhatian khusus terhadap bahasa tubuh dan ekspresi wajah ketika ia bertemu lawan jenis, sementara laki-laki lebih berani menunjukan perhatiannya secara langsung.

2.      Pola berfikir

Pola berfikir perempuan lebih mengutamakan perasaan dibandingkan logika, sedangkan laki-laki sebaliknya. Sesuai dengan pendapat Dr. Brizendine mengatakan, bahwa “Empati pada laki-laki hanya bekerja ketika ada seseorang yang menunjukkan perasaannya saja.”

3.      Emosi

Corpus Collosum (Sel saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan) pada perempuan lebih tebal daripada laki-laki). Hal ini yang menyebabkan perempuan saat sedih, tetap bisa banyak mengerjakan pekerjaan dalam satu waktu, sedangkan laki-laki tidak bisa.

 

Oleh: Melva Dina Kasanova dan Oli Aulia


Referensi:

https://pai.unida.gontor.ac.id/perbedaan-laki-laki-dan-perempuan-dalam-perspektif-islam-kajian-pra-nikah-2-bersama-ustadz-dr-cecep-shobar-rohmat-m-pd/

https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2020/07/perbedaan-laki-laki-dan-perempuan-dalam-berbagai-hal-yang-perlu-anda-ketahui