McDonald’s Diboikot Oleh Muslim Dunia
Di upload oleh admin - 17 Oct 2023
463 views

McDonald’s Diboikot Oleh Muslim Dunia

thumbnail

Konflik antara Hamas dan Israel sejak Sabtu, 7 Oktober 2023 terus menimbulkan bencana di Jalur Gaza. Selain berujung pada risiko bencana kemanusiaan, konflik Hamas dan Israel juga merambah ke sejumlah persoalan lainnya.

 

Salah satu dampak lanjutan yang terjadi dari konflik antara Hamas dengan Israel adalah gerakan memboikot restoran waralaba McDonald’s. Akar dari adanya ajakan di sejumlah negara untuk memboikot rumah makan cepat saji McDonald’s terjadi sebagai bentuk protes.

 

Berdasarkan dari akun Instagram resmi milik McDonald’s, pada Senin, 16 Oktober 2023, McDonald’s telah menyumbangkan makanan gratis untuk Israel Defence Force atau IDF. IDF atau pasukan penyelamat Israel dikabarkan telah menerima puluhan ribu makanan dari restoran cepat saji McD.

 

Selain makanan gratis, dalam salah satu unggahan resminya McD dalam Bahasa Ibrani juga menulis akan terus memberikan bantuan makanan bagi seluruh pendukung Israel. Sebagai wujud solidaritas terhadap rakyat Palestina, reaksi masyarakat bermunculan di beberapa negara.

 

Pasalnya, ribuan warga Palestina yang terjebak dalam pemblokiran diketahui sedang berjuang menghadapi kematian. Selain itu, beberapa fasilitas umum yang tersedia bagi warga Palestina seperti akses listrik, air bersih, obat-obatan, makanan, dan pakaian saat ini terbatas.

 

Ketimpangan kondisi antara Palestina dan Israel akibat dukungan McD membuat beberapa negara seperti Lebanon dan Mesir melakukan aksi boikot. Gelombang lanjutan terhadap aksi boikot terhadap restoran cepat saji McD tersebut kemudian menyebar hingga ke masyarakat internasional.

 

Sementara itu, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, bahwa dengan tindakannya di Israel, McD bisa diboikot. Jika dikaitkan dengan serangan Israel terhadap Palestina, seruan untuk memboikot produk-produk Israel dapat digunakan sebagai upaya untuk melawan kekuatan zionis internasional yang telah menguasai dunia Muslim.

 

Terkait maraknya boikot McD di beberapa negara di dunia, banyak tanggapan yang diberikan netizen. Adanya perbedaan pendapat di antara warganet yang mulai saling menghakimi, membuat warganet meminta agar McD Indonesia memberikan konfirmasi.

 

Referensi: https://linggaupos.disway.id/read/651260/heboh-seruan-boikot-mcdonalds-akibat-bantu-tentara-israel-sudah-saatnya-boikot

 

Oleh: Hanna Maryam Agustina