Kualitas Diri dalam Ibadah Puasa
Di upload oleh admin - 13 Apr 2022
800 views

Kualitas Diri dalam Ibadah Puasa

thumbnail

Menyehatkan dan Meningkatkan Kualitas Diri dalam Ibadah Puasa

 

 

Secara medis, kita semua membutuhkan makanan untuk keperluan fisik. Pada dasarnya apa yang kita makan akan menghasilkan dua hal, pertama tenaga atau energi, yang kedua menjadi sampah. Ketika kita kurang asupan makanan, maka tubuh kita akan menjadi lemas hal ini karena kita kurang memiliki energi atau tenaga. Tapi juga dengan makanan itu sebenarnya akan menjadi sampah.

 

 

Bagi mereka yang berpuasa, dan kita berpuasa satu hari sekitar 13 jam, biasanya sekitar 6 jam makanan itu sudah habis diolah oleh usus kita. Kemudian karena sudah habis, terjadilah apa yang disebut dengan autofagi. Suatu proses secara alamiah, mendaur ulang sampah-sampah yang tadi menumpuk dalam tubuh kita. Dan akhirnya juga akan melahirkan energi sehingga semakin sedikitlah jumlah sampah yang mungkin akan dibuang ketika kita membuang hajat (buang air). Sehingga orang yang berpuasa dengan sendirinya akan menjadi sehat, karena tidak terjadi penumpukan sampah dalam dirinya.

 

 

Ibadah puasa dapat dikatakan menjadi ibadah yang paling berat dibandingkan dengan ibadah yang lain. Agama menuntun kita bahwa secara hikmatuttasyrik, falsafah hukum Islam, semakin seseorang merasakan beratnya dalam melaksanakan ajaran agama itu, maka ganjaran atau balasan dari Allah juga semakin besar. Agama Islam sebenarnya sangat mendorong orang untuk menjadi sangat sehat. Karena bagaimana mungkin orang bisa khusyu’ konsentrasi kepada Tuhannya kalau dia dalam keadaan sakit.

 

 

Sahabat penolong, di Bulan Ramadhan ini selain kita menunaikan kewajiban ibadah puasa, kita tidak boleh berleha-leha memohon ampun kepada Allah, tapi harus segera. Dan orang-orang yang memohon ampun kepada Allah itu, Allah sudah menjanjikan kepada mereka surga. Dan surga itu tentu saja adalah milik dari orang-orang yang bertaqwa. Dan kita harus meyakini diri kita bahwa kita adalah orang yang bertaqwa. Bagaimana mungkin meningkat kalau kita sendiri tidak percaya pada diri kita bahwa kita orang yang bertaqwa.

 

 

Sumber

Nasution, H. (2019). Ibadah Puasa Menyehatkan dan Memperteguh Karakter Muttaqin. Medan Area University Repository.

 

#semudahitu #disalurkanseutuhnya

tolongmenolong.id