Rindu Itu Cinta
Di upload oleh admin - 20 Sep 2023
360 views

Rindu Itu Cinta

thumbnail

Siapa yang tidak pernah merasakan rindu?

Kita pasti pernah merasakan rindu dan dirindukan.

 

Rindu adalah sesuatu yang berkaitan dengan cinta. Cinta yang pastinya bukan yang terlarang, tapi cinta itu mendapatkan keridhaan dari Allah.

 

Rindu itu cinta, cinta untuk yang berhak dan tidak mengundang murka-Nya, dan rasa rindu yang kita miliki jangan sampai melebihi rasa rindu kita kepada Allah. Mari kembangkan rasa rindu kita agar selalu mengarah kepada Allah dan bukan kepada rasa rindu yang membuat manusia terjebak pada hal lain. Rindukanlah sesuatu yang dapat berpengaruh terhadap kerinduan kita kepada Allah dan menjadikan rasa rindu itu mempengaruhi kita untuk berbuat baik.

 

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan pada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (Surga).” (QS. Al-Imran : 114).

 

Rindu kepada manusia atau selainnya memang mengindahkan, akan tetapi rindu kepada Allah dan Akhirat yang baik tentu harus dirasakan juga oleh manusia. Karena hal tersebut adalah rindu terbaik yang harusnya dimiliki. Untuk memunculkan rindu kepada Allah maka hendaklah kita sering membaca ayat-ayat Al-Quran beserta penjelasannya, agar diri kita mengenal dekat dan mendalam terhadap siapa Allah, Al-Quran, dan tentang hari akhir.

 

Tanpa mengenal Allah dan Akhirat, Al-Quran dan Sunnah Rasul, tentu kita tidak akan pernah meyakini dan merindukan hal tersebut. Sebagaimana kita tidak mengenal seseorang maka kitapun tidak akan pernah bisa merindukan keberadaan orang tersebut.

 

Satu hal yang harus diingat, cinta Allah adalah puncak segala cinta. Rasa cinta pada segala hal yang fana hanya akan menimbulkan sengsara. Karena tak ada yang abadi, pasti akan ada yang meninggalkan dan ditinggalkan. Cinta kasih antara anak dan orang tua atau suami dan isteri sejatinya hanya berlangsung di dunia. Jika menginginkan cinta terus bersemi dan abadi di surga, sertakan Allah dan Rasul-Nya dalam setiap hembusan rindu yang memenuhi cinta kalian.

 

Referensi: Rindu? Ke Allah Aja!, Muh. Ramli dan Arum Faiza (2019), PT Elex Media Komputindo, Jakarta.


Oleh: Hanna Maryam Agustina