Sah! Penyedia BBM Kompak Turunkan Harga
Di upload oleh admin - 30 Jan 2023
518 views

Sah! Penyedia BBM Kompak Turunkan Harga

thumbnail

Sah! Penyedia BBM Kompak Turunkan Harga

Oleh: Khairunnisa Nailah Risanti

Belum lama ini badan usaha penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) kompak menurunkan harga mulai dari 3-4 januari 2023 yang lalu, salah satu penyedia bahan bakar minyak (BBM) yakni pertamina yang menurunkan harga produk BBM non subsidi. Tetapi tidak semua jenis BBM ikut mengalami penurunan harga, karena BBM jenis Pertalite dan Solar tidak mengalami penurunan harga. Erick Tohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa harga BBM Pertalite dan Solar belum diturunkan karena pada dasarnya memang saat ini harga jualnya masih lebih rendah dibandingkan harga keekonomiannya.

 Adapun jenis BBM yang mengalami penurunan harga yaitu jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Harga pertamax mengalami penurunan harga sebesar 1.100, bulan desember lalu dibandrol sebesar 13.900 per liter menjadi 12.800 per liter. Selain SPBU Pertamina, SPBU Shell, Vivo, dan yang lainnya juga ikut mengalami penurunan harga.

            Salah satu alasan di turunkannya harga produk Bahan Bakar Minyak yaitu karena mengikuti harga minyak mentah dunia yang beberapa bulan ke belakang ini relatif lebih rendah dari biasanya dan kurs rupiah yang saat ini mengalami penyusutan.

 

Referensi

https://fin.co.id/read/120809/harga-bbm-pertamina-1-januari-2023-diprediksi-turun-cek-alasan-dan-daftar-harganya-di-sini

https://bisnis.tempo.co/read/1683927/pertamax-turun-rp-1-100-ini-harga-terbaru-bbm-pertamina