Dewasa Tidak Diukur dengan Angka
Di upload oleh admin - 27 Jul 2023
167 views

Dewasa Tidak Diukur dengan Angka

thumbnail

Menjadi Dewasa Yang Tidak Hanya Diukur Dari Usia

 

Menjadi dewasa tidak selalu berbentuk pencapaian, keberhasilan, dan selalu tentang kebahagiaan. Karena ia bisa saja berbentuk sebuah kerelaan dan penerimaan. Ketika ekspektasi yang diharapkan dan didoakan dengan sepenuh hati, malah berujung pada hal yang tidak bisa terpenuhi. Hingga akhirnya manusia akan lebih banyak belajar tentang besarnya kesabaran dan penerimaan yang penuh syukur di waktu secara bersamaan. Seperti halnya merelakan doa-doa yang senantiasa dilangitkan.

 

Seseorang tidak dapat dikatakan menjadi dewasa ketika mereka sudah menginjak belasan tahun. Menjadi dewasa adalah sebuah proses yang membutuhkan banyak sekali percobaan dan latihan yang terus dilakukan, pembelajaran dan beberapa kesalahan.

Sehingga berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain :

 

1.      Bertanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Menjadi dewasa harus bertanggung jawab atas setiap aspek yang ada di dalam kehidupan kita sendiri. Pastinya, kita tidak akan bisa mengontrol perilaku orang lain, namun kita bisa mengontrol perilaku kita sendiri. Sehingga, kita perlu introspeksi diri dan memikirkan bagaimana tindakan kita berperan atau berpengaruh pada orang lain.

2.      Jangan Menunda Pekerjaan

Menjadi dewasa harus mampu merencanakan setiap pekerjaan dan menghindari menunda pekerjaan karena tidak akan berdampak positif dan malah akan membuat stres sendiri dan mungkin saja bisa membuat orang lain terlibat dalam kesusahan.

 

 

3.      Tidak Membiarkan Orang Lain Menunggu

Menjadi dewasa tidak akan membiarkan orang lain menunggu terus menerus, karena mereka sadar bahwa waktu orang lain juga berharga, sehingga mereka akan bertindak menghormati orang lain dengan cara tepat waktu dalam apapun.

4.      Mampu Menjaga Diri, Fisik, dan Mental

Kebanyakan orang dewasa mengalami kelebihan berat badan dan juga stres berlebihan. Akan tetapi, untuk menjadi orang yang bahagia, sehat, dan juga produktif, maka harus bisa menjaga diri dengan cara makan yang benar, olahraga yang tepat dan istirahat yang cukup guna menjaga kestabilan mental.

5.      Melakukan Yang Terbaik Setiap Waktu

Menjadi dewasa harus berlatih mendahulukan memikirkan perasaan orang lain, dibandingkan perasaan sendiri. Dan juga belajar menepis ego pribadi serta melakukan yang terbaik dalam hal apapun, baik itu dalam hubungan pekerjaan, dan di semua bidang kehidupan.

 

Jadi, mendewasalah dengan memahami bahwa Allah jauh lebih mengetahui apa yang diperlukan oleh siapapun.

 

Oleh : Melva Dina Kasanova

Sumber : https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menjadi-dewasa/